Baca Juga
Terbang Lurus dan Mendatar
Terbang lurus dan mendatar (straight and level flight) merupakan sikap dasar yang dipergunakan
untuk merencanakan suatu pesawat terbang. Pada penerbangan yang stabil, jumlah
dari gaya yang saling berlawanan adalah sama dengan nol. Tidak akan ada
ketidakseimbangan dalam penerbangan yang stabil dan lurus (Hukum ketiga
Newton).
Hal ini tidak sama dengan mengatakan seluruh keempat
gaya adalah sama. Secara sederhana semua gaya yang berlawanan adalah sama besar
dan membatalkan efek dari masing-masing gaya. Seringkali hubungan antara
keempat gaya ini diterangkan dengan salah atau digambarkan dengan sedemikian
rupa sehingga menjadi kurang jelas.
Perhatikan gambar. Pada
ilustrasi di bagian atas, nilai dari semua vektor gaya terlihat sama.
Keterangan biasa pada umumnya akan mengatakan (tanpa menyatakan bahwa thrust
dan drag tidak sama nilainya dengan weight dan lift) bahwa thrust sama dengan
drag dan lift sama dengan weight seperti yang diperlihatkan di ilustrasi di samping.
Pada dasarnya ini
adalah pernyataan yang benar yang harus benar-benar dimengerti atau akan
memberi pengertian yang menyesatkan.
Harus dimengerti bahwa dalam penerbangan yang lurus
dan mendatar (straight and level), tidak
berakselerasi, adalah benar gaya lift/weight yang saling berlawanan adalah
sama, tapi kedua gaya itu juga lebih besar dari gaya berlawanan thrust/drag
yang juga sama nilainya diantara keduanya, bukan dibandingkan dengan
lift/weight. Untuk kebenarannya, harus dikatakan bahwa dalam keadaan stabil (steady):
- Jumlah gaya ke atas (tidak hanya lift) sama dengan jumlah gaya ke bawah (tidak hanya weight)
- Jumlah gaya dorong (tidak hanya thrust) sama dengan jumlah gaya ke belakang (tidak hanya drag)
0 komentar:
Posting Komentar