Rabu, 19 April 2017

MACAM MACAM SAYAP

Baca Juga

MACAM MACAM SAYAP

Sayap pesawat memiliki bentuk yang bermacam-macam. Bentuk setiap sayap didesain sesuai dengan kegunaan pesawat itu sendiri. Secara umum bentuk desain sayap dibedakan letak, bentuk, aspect rasio, jumlah, variasi cord serta kecondongan sayap.

  • Berdasarkan penempatan pada fuselage


Karena letak sayap yang berbeda-beda terhadap kedudukan badan pesawat terbang (fuselage) maka pesawat terbang dapat dibedakan menjadi :

  1. Pesawat terbang parasol adalah pesawat terbang yang sayapnya di atas badan pesawat yang ditunjang dengan penyangga sayap (parasol wing).
    Parasol Wing
  2. Pesawat terbang bersayap tinggi (high wing) adalah sayap yang di pasang langsung di bagian atas badan pesawat terbang.
    High Wing
    • Kelebihan High-Wing :
      • Memberikan ruang lebih untuk peletakan engine (mesin) sehingga jauh dari ground.
      • Menghindarkan engine dari foreign object damage dari landasan.
      • Memiliki permukaan teraliri lebih besar sehingga performa aerodinamika lebih baik.
      • Landing gear (roda pendarat) tidak perlu besar atau panjang
      • Performa aerodinamika paling bagus.
    • Kekurangan High-Wing :
      • Posisi tinggi menyulitkan proses perawatan.
      • Struktur penyambung sayap - bada harus kuat, konsekuansinya strukturnya berat.
      • Sayap bisa mengganggu kinerja aerodinamika ekor
  3. Pesawat terbang bersayap tengah (mid wing) adalah sayap yang pemasangannya di tengah-tengah badan pesawat terbang.
  4. Mid wing
    • Kelebihan Mid-Wing :
      • Baik untuk pesawat aerobatik
    • Kekurangan Mid-Wing :
      • Struktur joiner sayap - fuselage memakan tempat untuk penumpang / payload
  5. Pesawat terbang bersayap bawah (low wing) adalah sayap yang letak pemasangannya di bagian bawah badan pesawat.
Low Wing
    • Kelebihan Low-Wing :
      • Struktur paling efisien.
      • Perawatan relatif mudah.
      • Sayap bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan roda pendarat.
      • Area bawah pesawat besar, menguntungkan dalam pendaratan darurat di air.
    • Kekurangan Low-Wing :
      • Rawan foreign object damage.
      • Butuh sudut dihedral.

  • Berdasarkan jumlah sayap

Jenis sayap pesawat terbang berdasarkan jumlah sayap dibedakan menjadi :
  1. Pesawat terbang bersayap tunggal (monoplane) : Bentuk sayap ini dibuat untuk tujuan mendapatkan speed yang cukup.
  2. Pesawat terbang bersayap ganda (biplane) : Pesawat jenis ini menggunakan dua sayap, yang bertujuan untuk mendapatkan Lift yang maksimum.
  3. Pesawat terbang bersayap ganda tiga (triplane) : Penambahan sayap pada pesawat ini bertujuan menambah Lift.

  • Berdasarkan arah condong sayap

Jenis sayap berbentuk swept bertujuan untuk mengurangi darg (gaya hambat) yang ditimbulkan pesawat saat bergerak. Ada juga sayap yang berbentuk forward swept, kalo dilihat bentuk seperti ini akan menambah drag yang besar. Tetapi bentuk foward swept wing bertujuan memberi kesetabilan pada angle of attack (sudut serang) yang tinggi, hal ini digunakan pada pesawat yang dirancang untuk pesawat fighter.
  1. Straight wing
    Straight wing
  2. Swept wing
    Swept wing
  3. Forward swept wing
    Forward swept

  • Berdasarkan Konstruksi


  1. Dihedral : Diherdal wing ini mirip dengan Low wing, hanya kedudukan ujung sayapnya lebih tinggi dari pangkal sayapnya. Tujuan pembuatan ini ialah untuk memdapatkan speed yang tinggi serta mendapatkan stabilitas lateral yang baik.
    Dihedral Wing
  2. Anhedral : Sayap bentuk ini adalah sayap yang kedudukan ujung sayapnya lebih rendah dari pangkal sayap. 

    Anhedral Wing
  3. Gull Wing : Tujuan pemasangan sayap bentuk ini ialah untuk mendapatkan Lift besar. Sayap jenis ini menyerupai sayap burung camar laut.
    Gull Wing
  4. Inverted Gull Wing : Tujuan dibuat jenis ini ialah untuk mendapatkan speed yang cukup. Bentuknya mirip dengan Gull, hanya kedudukannya dibawah dan terbalik.
    Inverted Gull Wing

  • Berdasarkan aspect ratio

Aspect ratio adalah perbandingan panjang sayap (span) dengan lebar sayap (cord). Berdasarkan aspect ratio, sayap pesawat terbagi menjadi low, moderate, dan high aspect ratio.

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Who Am I ?


TRI ADI PRASETYA
Welcome to My Blog. 
Saya adalah seseorang yang sedang tersesat di jalan yang bernama kehidupan. 
LinkedIn
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman