Senin, 24 April 2017

EKOR PESAWAT

Baca Juga

EMPENNAGE

Empennage adalah kesatuan bagian ekor pesawat terbang secara keseluruhan, termasuk Horizontal Stabillizer, Vertical Stabillizer, Elevator dan Rudders
Empennage ini disebut juga Aircraft Stabillizer, (bidang keseimbangan pesawat). Pada garis besarnya aircraft stabillizer, gunanya untuk mengimbangi gaya-gaya yang bekerja sewaktu pesawat sedang melakukan penerbangan, agar pesawat dapat terbang dengan penuh keseimbangan.
Empennage/Ekor Pesawat
Konstruksi Empennage

BAGIAN AIRCRAFT STABILIZER

  • Vertical Stabillizer

Adalah serip tegak/vertical yang tetap yang tidak dapat dipergerakan, yang gunanya adalah untuk mengimbangi momen kopel/gaya puntir yang diakibatkan oleh putaran baling-baling pesawat yang sedang terbang.
    • Konstruksi Vertical Stabillizer 
      • Rib, berfungsi untuk tempat pemasangan spars dan stringer, juga untuk menahan gaya mendatar;
      • Spars, berfungsi untuk menahan gaya tegak lurus (vertical lead) juga untuk meletakkan skin.
      • Stringer berguna untuk membantu spars, juga untuk melekatnya skin.
      • Skin, bahan yang digunakan pada umumnya adalah alimunium campuran, pada pesawat model lama (kuno) bahan untuk skin banyak menggunakan fabric yang telah disempurnakan. Pemasangan skin ini harus, agar daya hambatan (drag) dapat dikurangi sekecil mungkin.
Konstruksi Vertical Stabilizer
      • Pada vertical stabillizer ini terdapat juga alat kemudi arah yang disebut rudders.
      • Rudders, adalah sebagian dari pada vertical stabillizer yang dapat digerakan ke kiri dan kekanan yanggunanya untuk menentukan arah dari pada pesawat (berbelok).

  • Horizontal Stabillizer

Adalah sirip mendatar dari ekor pesawat yang tidak dapat digerakan (tetap) dan berfungsi untuk menahan gaya mendatar dan mengimbangi gaya mendatar yang diakibatkan beratnya komponen-komponen pesawat, (misalnya mesin/engine, peralatan hydraulic dan sbegainya).
Horizontal stabillizer ini dipasang pada empennage group yang terdiri dari horizontal. Stabillizer sebelah kiri dan horizontal stabillizer sebelah kanan.
    • Konstruksi Horizontal Stabillizer
      • Susunan konstruksinya dari pada horizontal stabillizer ini sama saja dengan konstruksi vertical stabillizer, hanya horizontal stabillizer ini mempunyai main spars (spars utama) berjumlah satu yang berfungsi untuk menghubungkan horizontal stabillizer dengan fuselage.
      • Sedangkan spars yang lain sama halnya dengan spars yang ada pada vertical stabillizer ini terdapat juga alat kemudi untuk turun dan naik yang disebut Elevator.
      • Elevator ini adalah sebagian horizontal stabillizer yang dapat digerakan keatas dan kebawah yang gunanya untuk menaikan dan menurunkan hidung pesawat pada waktu terbang, sehingga pesawat dapat terbang turun dan naik.
Sumber : Modul Diklat Basic PKP-PK

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Who Am I ?


TRI ADI PRASETYA
Welcome to My Blog. 
Saya adalah seseorang yang sedang tersesat di jalan yang bernama kehidupan. 
LinkedIn
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman