Selasa, 16 Mei 2017

PISTON ENGINE

Baca Juga

KOMPONEN PISTON ENGINE


Aircraft Piston Engine

Komponen Piston Engine

Crankcase

Sering disebut ruang engkol. Sebagai pembungkus dan pelindung beberapa mekanisme :

  • Crankshaft (poros engkol)
  • Camshaft (poros bumbungan)
  • Transmition gear (roda-roda tranmisi)

Fungsi

  • Penyangga engkol itu sendiri
  • Penyangga silinder dan mekanisme-mekanismenya yang terpasang maupun yang berada di dalam ruang engkol
  • Tempat penyangga motor terhadap rangka pesawat terbang
  • Tempat pemasanan bearing
  • Penahan segala gaya dan momen yang diakibatkan oleh putaran poros engkol dan gerakan piston
  • Tempat pelumas dan pendingin karena adanya saluran-saluran oli di dalam dinding-dindingnya.

Silinder

Silinder adalah tempat untuk melaksanakan pembakaran. Pembakaran menghasilkan daya berbentuk tekanan yang dipakai untuk mendorong piston. Selanjutnya gerakan bolak-balik piston diubah menjadi gerakan putar dengan perantara connecting rod dan crankshaft

Fungsi


  • Tempat pembakaran
  • Pembungkus dan pelindung piston dan connecting rod
  • Penyangga katup-katup (valve) dan mekanismenya
  • Penyangga busi (igniter)

Konstruksi



  • Kuat menahan tekanan dan panas
  • Dibuat seringan-ringannya
  • Mempunyai sifat penghantar panas yang baik
  • Direncanakan dan dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dalam pembuatan dan mudah dalam perawatan serta inspeksinya

Piston

Bagian motor yang berbentuk bulat panjang (silinder) yang bergerak maju mudur atau naik turun di dalam laras silinder.

Fungsi

Menerima dan merubah gaya tekan dari gas pembakaran menjadi gerak lurus dan sebaliknya menjadi gerakan tekan. Sebagaimana pada waktu langkah kerja piston didorong oleh gas pembakaran ke arah mendekati crankshaft, kemudian gerakan piston menuju crankshaft mendorong sisa gas pembakaran keluar pada saat langkah pembuangan.

Connecting rod

Batang piston yang menghubungkan antara piston dengan crankshaft.

Fungsi

Perantara untuk mengubah gerakan lurus piston menjadi gerakan berputar crankshaft.

Crankshaft

Poros engkol adalah tulang punggung utama dari motor piston, pergerakannya berputarDari crankshaft inilah tenaga motor yang sebenarnya dikeluarkan

Fungsi


  • Mengubah gerakan lurus piston menjadi gerakan berputar dengan perantara connecting rod.

  • Pada motor pesawat terbang, crankshaft ini berfungsi sebagai pemutar propeller dan perlengkapan motor

Konstruksi


  • Terbuat dari baja yang sangat kuat, biasanya dari baja krom nikel molibdenum yang ditempa dan dapat terbuat dari satu bagain saja atau lebih

Bearing

Bearing adalah sebuah permukaan yang menyangga atau disangga oleh permukaan yang lain dan saling bergesekan.

Fungsi

  • Untuk mendapatkan gesekan yang sekecil-kecilnya.
  • Bearing dipakai untuk : crankshaft, camshaft, connecting rod

Konstruksi

  • Terbuat dari campuran perak, timah dan perunggu
  • Perak mempunyai sifat tahan tekanan tinggi, penghantar panas yang baik tetapi koefisien geseknya masih tinggi daripada timah
  • Timah mempunyai koefisien gesek yang rendah tetapi tidak terlalu kuat terhadap tekanan yang tinggi
  • Perunggu mempuyai sifat yang hampi sama dengan perak

Jenis Bearing

Plain Bearing
Ball Bearing
Roller Bearing

Valve

Valve
Katup adalah alat yang terdapat pada suatu saluran baik saluran udara, gas ataupun zat cair sebagai pengatur alirannya.

Fungsi

Membuka dan menutup pintu pemasukan dan pembuangan
Pada setiap silinder paling tidak harus ada 2 valve yaitu intake valve dan exhaust valve

Konstruksi

Dibuat dari bahan tahan panas tinggi dan tahan terhadap korosi
Bahan yang dipakai :
  • Nikron
  • Baja nikron
  • Baja silkrom
  • Baja kobalt-kronium


0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Who Am I ?


TRI ADI PRASETYA
Welcome to My Blog. 
Saya adalah seseorang yang sedang tersesat di jalan yang bernama kehidupan. 
LinkedIn
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman