Baca Juga
KOMPONEN PISTON ENGINE
|
Aircraft Piston Engine |
|
Komponen Piston Engine |
Crankcase
Sering
disebut
ruang
engkol. Sebagai
pembungkus
dan
pelindung
beberapa
mekanisme
:
- Crankshaft (poros
engkol)
- Camshaft (poros
bumbungan)
- Transmition gear (roda-roda tranmisi)
Fungsi
- Penyangga
engkol
itu
sendiri
- Penyangga
silinder
dan
mekanisme-mekanismenya yang terpasang maupun yang berada di dalam ruang engkol
- Tempat
penyangga
motor terhadap
rangka
pesawat
terbang
- Tempat
pemasanan
bearing
- Penahan
segala
gaya
dan
momen
yang diakibatkan
oleh
putaran
poros
engkol
dan
gerakan
piston
- Tempat
pelumas
dan
pendingin
karena
adanya
saluran-saluran oli di dalam dinding-dindingnya.
Silinder
Silinder adalah tempat
untuk
melaksanakan pembakaran. Pembakaran
menghasilkan daya berbentuk tekanan yang dipakai untuk mendorong piston. Selanjutnya
gerakan
bolak-balik
piston diubah
menjadi
gerakan
putar
dengan
perantara
connecting rod dan
crankshaft
Fungsi
- Tempat
pembakaran
- Pembungkus
dan
pelindung
piston dan
connecting rod
- Penyangga
katup-katup
(valve)
dan
mekanismenya
- Penyangga
busi
(igniter)
Konstruksi
- Kuat
menahan
tekanan
dan
panas
- Dibuat
seringan-ringannya
- Mempunyai
sifat
penghantar
panas
yang baik
- Direncanakan dan dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dalam pembuatan dan mudah dalam perawatan serta inspeksinya
Piston
Bagian
motor yang berbentuk
bulat
panjang
(silinder)
yang bergerak
maju
mudur
atau
naik
turun
di dalam
laras
silinder.
Fungsi
Menerima dan merubah gaya tekan dari gas pembakaran menjadi gerak lurus dan sebaliknya menjadi gerakan tekan. Sebagaimana pada waktu langkah kerja piston didorong oleh gas pembakaran ke arah mendekati crankshaft, kemudian
gerakan
piston menuju
crankshaft mendorong
sisa
gas pembakaran
keluar
pada
saat
langkah
pembuangan.
Connecting
rod
Batang
piston yang menghubungkan antara piston dengan crankshaft.
Fungsi
Perantara
untuk
mengubah
gerakan
lurus
piston menjadi
gerakan
berputar
crankshaft.
Crankshaft
Poros
engkol
adalah
tulang
punggung
utama
dari
motor piston, pergerakannya berputar. Dari crankshaft inilah
tenaga
motor yang sebenarnya
dikeluarkan
Fungsi
- Mengubah
gerakan
lurus
piston menjadi
gerakan
berputar
dengan
perantara
connecting rod.
- Pada
motor pesawat
terbang,
crankshaft ini
berfungsi
sebagai
pemutar
propeller dan
perlengkapan motor
Konstruksi
- Terbuat
dari
baja
yang sangat
kuat,
biasanya
dari
baja
krom
nikel
molibdenum
yang ditempa
dan
dapat
terbuat
dari
satu
bagain
saja
atau
lebih
Bearing
Bearing
adalah
sebuah
permukaan
yang menyangga
atau
disangga
oleh
permukaan
yang lain dan
saling
bergesekan.
Fungsi
- Untuk
mendapatkan
gesekan
yang sekecil-kecilnya.
- Bearing dipakai untuk : crankshaft, camshaft, connecting rod
Konstruksi
- Terbuat
dari
campuran
perak,
timah
dan
perunggu
- Perak mempunyai sifat tahan tekanan tinggi, penghantar panas yang baik tetapi koefisien geseknya masih tinggi daripada timah
- Timah
mempunyai
koefisien
gesek
yang rendah
tetapi
tidak
terlalu
kuat
terhadap
tekanan
yang tinggi
- Perunggu
mempuyai
sifat
yang hampi
sama
dengan
perak
Jenis Bearing
|
Plain Bearing |
|
Ball Bearing |
|
Roller Bearing |
Valve
|
Valve |
Katup
adalah
alat
yang terdapat
pada
suatu
saluran
baik
saluran
udara,
gas ataupun
zat
cair
sebagai
pengatur
alirannya.
Fungsi
Membuka
dan
menutup
pintu
pemasukan
dan
pembuangan
Pada
setiap
silinder
paling tidak
harus
ada
2 valve yaitu
intake valve dan
exhaust valve
Konstruksi
Dibuat
dari
bahan
tahan
panas
tinggi
dan
tahan
terhadap
korosi
Bahan
yang dipakai
:
- Nikron
- Baja nikron
- Baja silkrom
- Baja kobalt-kronium
0 komentar:
Posting Komentar