LANDING GEAR
Landing gear atau roda pesawat adalah bagian utama penopang pesawat ketika landing (mendarat), take off (lepas landas), parkir, taxi (bergerak didarat). Landing gear terdiri dari 3 roda, dua roda utama dan roda ketiga yang bisa berada di depan atau di belakang pesawat.
Landing gear dilengkapi dengan shock absorber (peredam goncangan) untuk di darat, tetapi beberapa pesawat dilengkapi dengan ski untuk mendarat di salju, ada juga yang dilengkapi float untuk di air. Sedangkan helicopter dilengkapi dengan skids.
|
Ski |
|
float |
|
Skid |
Untuk mengurangi hambatan ketika di udara, beberapa landing gear ditarik atau disembunyikan ke sayap atau badan pesawat sehingga landing gear rata dengan permukaan pesawat.
|
Penarikan Landing Gear |
Fungsi
- Menahan beban pesawat ketika di darat
- Menahan beban impact ketika pesawat touch down (menyentuk landasan)
- Menyerap energi kinetik yang terjadi sehubungan dengan kecepatan ketika landing
- Merubah gerakan terbang menjadi meluncur
- Pengereman ketika di darat
Jenis-jenis Landing Gear
Ada enam jenis landing gear :
- Landing gear conventional
Landing
gear conventional adalah posisi dua roda utama di bagian depan pesawat yang
terletak dekat pusat gravitasi(CG) yang menopang sebagian besar berat pesawat
dan satu roda yang lebih kecil di bagian belakang pesawat.
Sedangkan
Tricycle Landing Gear yaitu, dua roda bagian utama berada di belakang bagian
bawah badan pesawat yang terletak di belakang pusat gravitasi dan satu roda
tambahan berada di dekat nose. Keuntungan yang paling utama dari susunan
Tricycle adalah desain ini dapat menghilangkan masalah “Ground Loop” yang
terdapat pada taildragger.
|
Bicycle Landing Gear |
Desain
Landing gear yang relatif jarang adalah Bicycle Gear. Susunan ini memiliki dua
roda utama yang terletak sepanjang garis tengah pesawat atau lower fuselage
dari pesawat, satu roda terletak di depan dan satu roda lainnya terletak di
belakang. Dan kedua roda tersebut terletak dari tengah pusat gravitasi. Untuk
mecegah pesawat miring ke samping, sepasang outrigger gear disapang di
sepanjang sayap.
|
Single Main Landing Gear |
Desain
ini adalah subkategori khusus dari Bicycle Undercarriage yaitu, Single Main
Landing Gear. Susunan ini memiliki satu unit roda terbesar yang terletak di
bagian depan pesawat dekat dengan pusat gravitasi dan satu unit roda tambahan
yaitu, Tailwheel atau roda belakang yang jauh lebih kecil yang terletak di
bagian belakang pesawat, tepatnya dibawah Vertical Stabilizier. Dan dua unit
outriggers gear yang terletak di bawah sayap yang berfungsi untuk menambah stabilitas
pesawat.
|
Quadricycle |
Quadricycle gear sangat mirip dengan desain Bicycle
Gear, kecuali dalam susunan Quadricycle Gear ada empat main landing gear yang
secara kasat mata sama dalam ukuran dan dipasang di sepanjang lower fuselage. Dan
juga susunan Quadricycle landing gear tidak terdapat outriggers gear di bawah
sayap. Quadricycle landing gear biasanya digunakan pada pesawat kargo.
|
Multi-Bogey |
Sebuah variasi
susunan yang terakhir adalah penggunaan beberapa roda per landing gear strut.
Posisi roda ini sama seperti Tricycle Landing Gear, namun dalam penggunaannya
roda pada Multi-Bogey Landing Gear lebih banyak dibandingkan dengan Tricycle
Landing Gear.
Hal ini sangat umum untuk
menempatkan dua roda pada nose strut dalam susunan tricycle gear untuk memberikan
keamanan dalam kasus ledakan ban. Ban tambahan ini sangat berguna pada pesawat
berbasis kapal induk kedua nosewheels adalah syaratnya. Beberapa roda juga
sering digunakan pada unit main landing gear untuk keselamatan tambahan,
terutama pada pesawat komersial.
0 komentar:
Posting Komentar