Baca Juga
FUSELAGE STRUCTURE
Desain rangka pesawat ini haruslah kuat dan kaku tetapi harus sangat ringan. Pesawat harus kuat karena menyangkut keamanan dan keselamatan penumpang, kemudian harus kaku karena struktur yang lentur akan merusak karakteristik kendali terbang bahkan mengakibatkan flutter atau getaran yang berlebihan pada sayap yang mengakibatkan sayap patah. Adapun struktur harus ringan karena untuk terbang dengan daya seminimal mungkin, pesawat haruslah ringan. Pengurangan berat pesawat yang sedikit dapat meningkatkan penghematan bahan bakar secara signifikan.
Fuselage adalah struktur utama atau body dari pesawat udara. Ruangan tempat kargo, kontrol, aksesoris, penumpang, dan perlengkapan lain. Kadang juga untuk engine. Konstruksi fuselage yang pernah dibuat :
- Truss :
Rangka tipe truss |
Konstruksi ini digunakan pada awal-awal pembuatan dari frame kayu yang selanjutnya dari tabung logam. Tipe framenya ialah kayu segiempat atau pipa baja. Struktur truss biasa digunakan pada pesawat-pesawat ringan dengan cover fabric. Struktur ini biasa dibuat dari bahan baja atau logam paduan aluminium.
Truss-type fuselage structure |
- Monocoque
Struktur monocoque mengandalkan kekuatan skin atau lapisan luarnya untuk menahan beban, sedangkan rangka dalamnya hanya sebagai penahan bentuk dan kekuatan pada titik-titik tertentu Penguatnnya adalah vertical bulkhead. Konstruksi monocoque yang benar menggunakan former, gabungan frame dan bulkhead untuk membuat bentuk fuselage. Skin (kulit) menanggung kekuatan utama. Skin harus cukup kuat menjaga kekakuan fuselage. Struktur monocoque ini biasa digunakan untuk skin aluminium atau komposit (fiberglass atau karbon fiber).
Monocoque |
- Semimonocoque
Semimonocoque, tidak jauh berbeda dari monocoque, struktur ini dilengkapi dengan stringer untuk membantu menahan beban dan menambah kekakuan dari kulit. Struktur semimonocoque adalah yang paling sering digunakan karena relatif paling ringan dan kuat.
Semi-monocoque |
-Bulkhead
-Former
-Frame
-Ring
Bagian longitudinal struktur fuselage :
-Longeron (menahan beban bending)
-Stringer (memperkuat skin terhadap adanya friction load & skin attachment)
0 komentar:
Posting Komentar