Baca Juga
EQULIBRIUM
Untuk mempertahankan supaya pesawat tetap
dan keadaan level flight, keempat
gaya harus dalam keseimbangan.
Ini
berarti : T = D
L = W
Tetapi untuk mempertahankan keempat
gaya ini dalam keadaan seimbang agak sulit, karena :
- Letak C.P. tidak selalu tetap tergantung dari angle of attack. Jika kedudukan wing membuat sudut serang (angle of attack) yang besar, letak C.P. bergerak ke depan dan apabila angle of attack mengecil, C.P. bergerak ke belakang. Inilah yang menyebabkan letak C.P. tidak bisa dipertahankan pada satu titik.
- Lift di belakang weight, menyebabkan nose down, kalau lift terletak di depan weight, akan mempunyai tendensi stall.
Pengaruh C.P. terhadap AoA |
Untuk mengimbangi momen kopel bila engine
dihidupkan, maka drag harus diletakan segaris dengan garis thrust, tapi amat
sukar untuk mendapatkan keadaan seperti ini. Untuk mengimbangi momen kopel yang
timbul pada pesawat dipasanglah tail plane.
. Letak keempat gaya utama pada keadaan seimbang |
0 komentar:
Posting Komentar