Baca Juga
Aircraft Tab
Difinisi Tab
Tab adalah
sebuah airfoil tambahan kecil berengsel ke control surface (sebagai trailing
edge) untuk membantu menstabilkan pesawat dalam penerbangan. Tab
berfungsi untuk mengatur tekanan yang harus dikeluarkan saat memposisikan sudut
tanjak/ tukik. Tab diatur didalam kokpit
oleh roda yang bisa diatur kedepan dan kebelakang.
Pada
pesawat ringan atau kecil, permukaan kontrol yang disebutkan di atas digerakkan
oleh tenaga pilot. Setiap permukaan kontrol terhubung langsung ke kolom kontrol
atau pedal kemudi dengan serangkaian kabel dan katrol atau batang. Dalam suatu
sistem kontrol kolom kontrol dapat memindahkan permukaan kontrol, tetapi
permukaan kontrol juga dapat memindahkan kolom. Ini disebut kontrol reversibel.
Tipe Tab
1. Trim Tab
Trim
tab berukuran kecil yang terhubung ke permukaan trailing edge dari control
surface yang lebih besar pada pesawat, yang digunakan untuk mengontrol trim
dari kontrol, yaitu untuk mengatasi gaya hydro-atau aerodinamis dan
menstabilkan pesawat dalam sikap tertentu yang dikehendaki tanpa perlu untuk
operator terus menerapkan gaya kontrol. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan
sudut tab relatif terhadap permukaan yang lebih besar.
Beberapa
pesawat memiliki tab trim pada ketiga control surface yang disesuaikan dari
kokpit, yang lain memilikinya hanya di lift dan kemudi, dan beberapa memiliki
hanya di lift. Beberapa trim tab adalah tipe ground-adjustable saja.
Banyak
pesawat (termasuk glider) memiliki tab trim pada elevator mereka, sebagai sebuah
metode sederhana memberikan trim pada pitch axis. Semua pesawat harus memiliki
sistem untuk memastikan trim pitch axis, meskipun metode selain trim tab dapat
digunakan. Alternatifnya termasuk :
a.
Pegas termasuk dalam sistem
kontrol yang dapat disesuaikan dengan pilot;
b.
Dalam kasus elevator, horizontal
stabilizer semua yang bergerak yang posisinya dapat diatur dalam penerbangan
oleh servo tab atau anti-servo tab;
c.
Pada beberapa pesawat, beberapa
berat bahan bakar dapat digeser antara tangki selama penerbangan untuk
mengurangi aerodinamik lift induced drag.
Penggunaan
trim tab secara signifikan mengurangi beban kerja pilot selama manuver terus
menerus (misalnya: mendaki terus menerus untuk ketinggian setelah lepas landas
atau keturunan sebelum landing), yang memungkinkan mereka untuk memusatkan
perhatian mereka pada tugas-tugas lain seperti menghindari lalu lintas atau
komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara.
2. Servo Tab
Sebuah
servo tab adalah perangkat berengsel kecil yang terpasang pada control surface
pesawat untuk membantu pergerakan control surface.
Servo
tab bergerak dalam arah yang berlawanan dari control surface. Tab memiliki
keunggulan leverage, yang juga terletak memanjang dari garis engsel permukaan
sehingga dengan demikian dapat membelokkan control surface dalam arah yang
berlawanan. Hal ini memiliki efek mengurangi kekuatan kontrol yang diperlukan
oleh pilot untuk memindahkan kontrol.
dalam
kasus beberapa pesawat besar tab servo adalah satu-satunya kontrol yang
terhubung ke tongkat pilot atau roda, seperti di Bristol Britannia dan
turunannya Kanada. Pilot menggerakkan roda yang bergerak tab servo dan kemudian
tab servo, menggunakan keuntungan mekanis nya, bergerak elevator atau aileron,
yang dinyatakan bebas mengapung. Dengan varian servo-tab bernama
"diarahkan semi tab", pilot mampu "untuk manuver kendaraan
seberat 300,000 pounds terbang pada kecepatan udara dari 300 mil per jam atau
lebih".
3. Anti
- Servo/Balance Tab
Sebuah
tab anti-servo, atau tab anti-balance, bekerja dengan cara yang berlawanan
dengan tab servo. Hal ini menyebarkan dalam arah yang sama sebagai control
surface, membuat pergerakan control surface yang lebih sulit dan membutuhkan
lebih banyak kekuatan diterapkan pada kontrol oleh pilot. Hal ini mungkin
tampak kontra-produktif, tetapi biasanya digunakan pada pesawat di mana kontrol
yang terlalu terang atau pesawat membutuhkan stabilitas tambahan dalam sumbu
gerakan. Tab anti-servo berfungsi terutama untuk membuat kontrol berat dalam
merasa pilot dan juga untuk meningkatkan stabilitas.
4. Servo
Tab and Anti-Servo Tab
Cara
lain untuk mengubah jumlah tenaga pilot adalah melalui tab servo dan
anti-servo. Dalam sistem ini kolom kontrol langsung terhubung ke permukaan
kontrol (seperti C-172) tapi tab diarahkan untuk pergerakan permukaan kontrol
sehingga membantu pergerakan kontrol, atau counter gerakan kontrol. Dengan
demikian, kontrol dapat dibuat lebih berat atau lebih ringan daripada yang
seharusnya.
5. Balanced Tab
Kekuatan
kontrol mungkin yang terlalu tinggi di beberapa pesawat, dan, dalam rangka
mengurangi itu, produsen dapat menggunakan tab balance. Mereka tampak seperti
tab trim dan berengsel di sekitar tempat yang sama sebagai tab trim. Perbedaan
penting antara keduanya adalah bahwa tab balancing digabungkan ke batang
kendali permukaan sehingga ketika control surface utama dipindahkan ke segala
arah, tab secara otomatis menggerakkan ke arah yang berlawanan. Aliran udara
mencolok tab kontra menyeimbangkan beberapa tekanan udara terhadap control
surface utama, dan memungkinkan pilot untuk bergerak lebih mudah dan tahan control
surface dalam posisi.
Jika
hubungan antara tab balance dan permukaan tetap disesuaikan dari kabin pesawat,
tab berperan sebagai trim kombinasi dan tab balance yang dapat disesuaikan
untuk setiap defleksi yang diinginkan.
6. Spring Tab
Sebuah
tab yang bertindak sebagai servotab tetapi di mana sebuah pegas tergabung dalam
linkage, memungkinkan posisi tab yang akan bervariasi sesuai dengan gaya
tongkat yang diterapkan. Di bawah beban penerbangan normal, tab pegas tidak
memiliki peran untuk dimainkan dan tetap efisien untuk control surface. Namun,
ketika beban udara yang tinggi dan kekuatan besar yang dibutuhkan untuk
memindahkan control surface, tab pegas bergerak ke dalam arah yang berlawanan
dengan yang ada pada control surface pada yang sudah terpasang, dan ini
membantu pilot dalam menggerakkan control surface.
0 komentar:
Posting Komentar