Rabu, 19 April 2017

WING

Baca Juga

SAYAP PESAWAT

Wing pada pesawat merupakan bagian yang penting. Wing berfungsi sebagai penahan pesawat ketika di udara, oleh karena itu kentruksi wing haruslah kuat. Wing merupakan bagian pesawat penghasil gaya lift. Wing menghasilkan lift (gaya angkat) ketika bergerak terhadap aliran udara karena bentuknya yang airfoil. Selain sebagai penghasil gaya angkat, pada kebanyakan pesawat saat ini juga sebagai fuel tank (tempat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine.

  • Wing Structure
Karena memiliki fungsi yang krusial sebagai penahan beban pesawat ketika di udara konstruksi wing haruslah kuat. Aluminium adalah bahan yang paling umum digunakan untuk konstruksi sayap, tapi bisa juga kayu ditutupi kain, dan kadang-kadang paduan magnesium juga digunakan. Selain itu, pesawat modern cenderung mengarah ke bahan yang lebih ringan dan lebih kuat. Sayap juga ada yang seluruhnya terbuat dari serat karbon atau bahan komposit.
Berikut ini adalah bagian rangka wing :
Wing Structure

    • Spar

    • Spar adalah bagian struktur utama sayap yang memanjang parallel terhadap sumbu lateral, tempat pemasangan rib. Spar adalah struktur penyokong utama dari sayap, spar menahan beban yang paling besar serta menghubungkan sayap dengan fuselage. Spar dibuat dari bahan metal atau kayu tergantung criteria rancangan pesawat yang diinginkan. Sebagian besar pesawat menggunakan spar dari bahan solid extruded aluminum atau short aluminum extrusion . Spar dari kayu secara umum digolongkan ke dalam lima (5) jenis atau bentuk yaitu : (a) Solid, (b) box shaped, (c) partly hollow, (d) I-beam (e) rectangular.
Spar dari kayu
    • Saat ini, sebagian besar pesawat produksi memiliki sayap spars yang terbuat dari alumunium ekstrusi atau ekstrusi aluminium padat yang dipadukan bersama untuk membentuk spar. Gambar di bawah menunjukkan contoh penampang melintang sayap logam.
Spar dari metal

    • Ribs

    • Ribs adalah struktur bantu yang digunakan untuk membentuk airfoil pada sayap sekaligus meningkatkan kekakuan pada beberapa titik sayap. Rib memberi bentuk lengkung (cambered) terhadap sayap tersebut. Rib dipasang pada spar depan dan spar belakang. Spar menerima beban dari skin dan stringer dan beban tersebut disalurkan ke spar. Selain di sayap rib juga dipasang di aileron, elevator , rudder dan stabilizer.
    • Secara umum jenis rib dari bahan kayu dibuat dari : plywood web, lightened plywood web, truss type. Berikut ini gambar konetruksi rib dari kayu :
Gambar Konruksi Ribs dari Kayu
    • Gambar (a) di atas adalah konstruksi ribs tipe truss, (b) truss dengan continuous gusset, (c) lighten plywood
Konstruksi Ribs dari Metal

    Internal Wing Assembly
    • Stringer

    • Stringer adalah struktur yang menempel pada ribs yang berfungsi untuk meningkatkan kekakuan dan tempat menempelnya skin atau kulit lapisan luar sayap.

    • Wing Skin

    • Seringkali, wing skin dirancang untuk menahan beban selama penerbangan. Bentuk skin merupakan kombinasi spar dan rib. Skin terbuat dari logam, bagian sayap kantilever penuh yang diilustrasikan pada gambar menunjukkan struktur dari satu desain semacam itu. Kurangnya penyangga ekxtra internal atau eksternal ekstra mengharuskan skin berbagi beberapa beban. 
Wing Skin

  • Bagian-Bagian Wing


    • Leading edge; merupakan bagian depan dari wing yang pertama terkena aliran udara. Pada pesawat-pesawat besar umumnya di leading edge juga terdapat leading edge flap.
    • Trailing edge; merupakan bagian belakang dari wing, di mana terdapat aileron, aileron tab, dan flap.
    • Wing root; merupakan bagian wing yang melekat pada fuselage.
    • Wing tip; merupakan bagian wing yang paling jauh dengan fuselage atau bagian paling ujung dari wing. Pada wing tip biasanya terdapat tambahan berupa winglet atau wing tip tank pada jenis pesawat tertentu.
Pada pesawat-pesawat kecil wing umumnya hanya dilengkapi dengan aileron, spoiler dan flap. Hal itu dinilai cukup karena beban kerja pilot dan mekanismenya pun tidak terlalu berat.

Namun lain halnya dengan pesawat besar, tanpa adanya bidang-bidang kendali tambahan akan menjadikan pesawat uncontrollable atau sulit sekali bahkan mungkin mustahil untuk dikendalikan.

  1. Wingtip : merupakan bidang tambahan pada pesawat-pesawat tertentu untuk mengurangi terjadinya turbulensi pada wingtip.
  2. Low Speed Aileron : sebagai kemudi gerak bank dan roll dalam kondisi gerakan pesawat yang lambat atau dalam kondisi terbang di mana hanya dibutuhkan sedikit bank.
  3. High Speed Aileron : aileron ini digunakan dalam kondisi di mana memerlukan respon gerak yang cepat dari aileron terhadap pergerakan bank pesawat.
  4. Flap track fairing : batang/fairing yang dipasang untuk jalan atau track dari flap agar ketika flap itu dikeluarkan maka akan mengikuti tracknya.
  5. Krüger flaps : flap yang tereletak pada leading edge, yang fungsinya sebagai penambah luas sayap dan memperbesar lift namun juga sekaligus memperbesar drag.
  6. Slats : merupakan flap yang terletak di leading adge dengan fungsi yang sama.
  7. Three slotted inner flap : flap yang letaknya mendekati wing root.
  8. Three slotted outer flap : flap yang letaknya mendekati wing tip.
  9. Spoilers :fungsinya ialah untuk merusak lift, dalam artian digunakan biasanya pada saat setelah landing untuk mengurangi lift.
  10. Spoilers airbrakes : spoiler yang berfungsi mengurangi lift dan memperbesar drag sehingga pesawat seperti di rem karena gerak pesawat tertahan oleh drag yang dihasilkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Who Am I ?


TRI ADI PRASETYA
Welcome to My Blog. 
Saya adalah seseorang yang sedang tersesat di jalan yang bernama kehidupan. 
LinkedIn
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman